Sebab-sebab hilangnya konsentrasi


Konsentrasi atau fukus dalam beraktifitas merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah aktifitas. Dengan anda berkonsentrasi maka anda akan akan focus menjalankan suatu pekerjaan. Ketika anda focus dalam suatu pekerjaan maka anda mendapatkan hasil yang maksimal. Nah begitu
pentingnya sebuah konsentrasi untuk mencapai kesuksesan dalam hidu kita.
Namun biasanya kita akan kehilangan konsentrasi yang kita butuhkan saat bekerja. Ada beberapa sebab yang mengakibatkan hilangnya konsentrasi, nah berikut ini akan saya paparkan beberapa sebab hilangnya konsentrasi saat kita bekerja, semoga dengan mengetahui sebab hilangnya konsentrasi maka anda dapat mencari solusi untuk mendatangkan kembali konsentrasi tersebut.
Nie dia penyebab hilangnya konsentrasi :
1.   Kadar hormon serta vitamin anda rendah
Ketika tubuh kita merasa lelah berarti menandakan penurunan hormone dan vitamin. Menurunnya hormone dan vitamin dapat menyebabkan kita kehilangan konsentrasi. Sebagai contoh, jika Anda kekurangan hormon tiroid, metabolisme tubuh akan melambat, aliran darah berkurang dan fungsi sel otak tidak dapat bekerja optimal. Kurangnya vitamin B-12 dalam tubuh juga memiliki gejala yang sama. Anda dapat memeriksakan perihal defisiensi hormon dan vitamin ke dokter yang ditandai masalah kardiovaskular seperti hipertensi, kolesterol tinggi, sindrom metabolik atau pradiabetes. Jika masalah ini tidak ditangani, dapat menyebabkan penurunan kognitif.
2.   Hormon Anda telah rusak
Hhhhmmmm ngeri bener kalau hormone sudah rusak,
Biasanya ini terjadi pada wanita yang sedang haid. Wanita yang menjelang masa menopause (perimenopause) akan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur. Kurangnya konsentrasi adalah keluhan umum dari wanita pada masa ini. Kebanyakan wanita menggambarkannya sebagai perasaan kabur, kosa kata berkurang, dan tidak dapat berpikir jernih. Tanda-tanda lain yang menunjuk ke perimenopause adalah berkeringat di malam hari dan kekeringan vagina.
3.  penggunaan obat-obatan tertentu
jangan sembarangan meminum obat tanpa resep dokter, karna itu akan berakibat fatal pada jiwa dan raga kita. Seperti halnya penggunaan obat anti depresan dapat mempengaruhi mood dan konsentrasi Anda. Antihistamin dan obat penenang dapat menyebabkan kantuk, sedangkan antidepresan dan obat-obatan lain yang sejenis dapat menggangu kerja otak. Orang yang menggunakan obat statin kadang-kadang akan kehilangan kejernihan mental. Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat-obatan, lebih baik konsultasi terlebih dahulu ke dokter. Tanyakan apakah ada obat yang diketahui menyebabkan gangguan konsentrasi ketika dikonsumsi atau saat Anda berhenti mengonsumsinya.
4.  Anda berhenti merokok
Nah ini dia yang saya juga kehilangan konsentrasi ketika merokok, heheheh.
Anda akan mengalami kesulitan berkonsentrasi saat Anda berhenti merokok karena pengaruh nikotin yang telah membuat Anda kecanduan. Tapi hal ini akan berlalu dan kesehatan mental Anda akan segera membaik seiring berkurangnya pengaruh buruk nikotin pada tubuh.
Nah itu menurut artikel yang say abaca, tapi kalau menurut pemikiran saya bukan karena rokoknya, tapi anda tidak melakukan sesuatu ketika anda melakukan perkerjaan, contohnya ketika anda terbiasa makan permen ketika anda membuat artikel, ketika anda tidak memakan permen maka konsentrasi anda akan berkurang.
5.   Pola makan yang buruk
Nah ini yang terjadi pada diri saya, kalau sudah ke enakan merokok lupa makan. Heheheheh…. Tapi saya sudah mengurangi rokok kok.
Kebiasaan makan yang buruk meningkatkan risiko obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi dan penyakit terkait yang dapat merusak fungsi kognitif. Kelebihan berat badan atau obesitas membuat Anda lebih sulit untuk tetap aktif, padahal tubuh yang aktif penting untuk kesehatan otak. Makan ikan dan sayuran serta mengurangi makan daging dan makanan berlemak jenuh akan membuat otak Anda tajam kembali.
6.   Terlalu banyak pekerjaan (Sibuk)
Pekerjaan yang menumpuk akan mengakibatkan pada hilangnya konsentrasi, karena aktivitas otak terlalu divorsir tanpa disertai aktivitas fisik yang dibutuhkan otak. Olahraga meningkatkan produksi zat yang dapat merangsang kerja otak dan memperlambat pembentukan plak yang menyebabkan penyakit Alzheimer. Mulailah berolahraga dan Anda akan merasakan otak lebih tajam dan lebih bisa fokus.
Saran saya ketika anda banyak pekerjaan (Sibuk) maka terlubih dahulu fikirikan pekerjaan mana yang menurut anda lebih penting dan perlu diselesaikan terlebih dahulu. Ketika sudah di dapat pekerjaan mana yang harus didahulukan, maka lakukanlah dan jangan pernah sekali pun untuk mencoba melakukan pekerjaan lain sebelum pekerjaan yang sebelumnya selesai.
7.   Anda memiliki kecemasan yang berlebihan
Rasa takut yang ada pada pikiran anda sangat berpengaruh pada aktifitas sehari-hari. Ketika Anda terlalu mencemaskan sesuatu, Anda akan kesulitan berkonsentrasi melakukan pekerjaan Anda. Begitulah cara otak merespon ancaman nyata atau bayangan. Anda menjadi terlalu waspada terhadap lingkungan. Lakukanlah sesuatu yang menyenangkan untuk membersihkan kepala Anda dari hal-hal yang membuat cemas. Berbagi cerita dengan teman dekat juga dapat mengurangi kekhawatiran yang berlebihan.
8.   Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan setiap hari
Jika Anda memiliki daftar pekerjaan harian yang terlalu banyak dan membutuhkan daya ingat, bisa berarti Anda akan mengalami kelupaan dan gangguan kerja otak. Orang kadang tidak dapat mengikuti pikirannya karena terlalu banyak beban yang harus diingat di otaknya.
9.   Menderita ADHD
Ketika anda  menderita Attention Deficit terdiagnosis Hyperactivity Disorder (ADHD) ketika dewasa yang ditandai dengan gejala ketidaksabaran, pelupa dan mengalami kesulitan menyelesaikan tugas kantor. Ketika Anda memiliki masalah dengan konsentrasi, periksakan segera ke dokter untuk mengetahui kemungkinan Anda menderita ADHD.
Nah paparan diatas itu tadi yang bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi anda dalam melakukan pekerjaan. Semoga bermanfaat, dan semoga dengan miningkatnya konsentrasi yang anda miliki maka anda dapat menyelesaikan pekerjaan anda sehari-hari dengan baik, dan anda mendapatkan kesuksesan.


4 komentar:

  1. Begitu toh :)
    Thanks udah posting artikel tentang penyebab konsentrasi berkurang :)

    BalasHapus
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

 
Design by Free Wordpress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates